Tersangka Korupsi Menang, Pemilukada Dinilai Mubazir

Jakarta – Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Haryono Umar menyesalkan adanya calon yang berstatus tersangka dan terdakwa kasus korupsi, memenangkan pemilukada. Menurutnya, seorang tersangka maupun terdakwa korupsi memenangi Pemilukada maka hajatan yang biayanya cukup mahal itu menjadi sia-sia. Terlebih, jika kasusnya hukum yang menjerat si calon itu ditangani KPK.

Dijelaskan Haryono, tatkala KPK sudah menetapkan seseorang menjadi tersangka, maka berarti prosesnya sudah masuk ke penyidikan. Sedang KPK, lanjutnya, tidak mengenal SP3 (surat perintah penghentian penyidikan). Dengan demikian, jika sudah tersangka, maka tinggal menunggu waktu untuk naik statusnya menjadi terdakwa. “Jika sudah terdakwa, kan secara otomatis diberhentikan sementara dari jabatannya. Ini kan sia-sia, mubazir pilkadanya,” ujar Haryono Umar di kantornya, Senin (6/9). Sedang jika sudah ada vonis bersalah, yang bersangkutan diberhtikan secara permanen.

Haryono dalam kesempatan itu juga mengatakan, bahwa selama ini, seluruh perkara yang ditangani ke KPK dan dilimpahkan ke pengadilan, semuanya bisa dibuktikan kesalahannya, alis divonis terbukti melakukan tindak pidana korupsi. “DPR dan KPU mesti merancang syarat calon pencalonan yang tidak memungkinan pilkada menjadi sia-sia,” ujar Haryono. Apakah KPK akan mengusulkan ke DPR dan pemerintah agar memasukkan syarat pelarangan tersangka ikut nyalon dalam revisi UU Nomor 32 Tahun 2004? “Tidak,” kata Haryono. Alasannya, pembuatan UU itu berada dalam ranah politik.

Seperti diketahui, dua kepala daerah yang terseret kasus korupsi dan diproses KPK Walikota Tomohon di Sulawesi Utara, Jefferson Rumajar dan Bupati Boven Digoel, Papua, Yusak Yaluwo.

Seperti diwartakan sebelumnya, Jefferson Rumajar pada pertenghan Juli lalu ditetapkan sebagai tersangka korupsi APBD Tomohon. Pemilik nama lengkap Jefferson Soleiman Montesqiue Rumajar itu diduga membuat program soaial fiktif yang didanai APBD Tomohon sehingga merugikan keuangan negara Rp 19,8 miliar.

Namun menyandang status tersangka tak menghalangi Jefferson untuk terus ikut sebagai kontestan pada Pilkada Tomohon yang digelar 3 Agustus lalu. Diusung Partai Golkar, Jefferson yang berpasangan dengan Jimmy Eman, malah memenangkan pemilukada.

Demikian pula dengan Bupati Boven Digoel Yusak Yaluwo yang kini bersatstus terdakwa dan menjalani persidangan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor). Yusak Yaluwo didakwa telah melakukan korupsi dana APBD Boven Digoel tahun 2006-2007 hingga menimbulkan kerugian negara sebesar Rp 66,77 miliar. Namun pada pemilukada di daerahnya, Yusak untuk sementara unggul dari rival-rivalnya. (Sumber :  InfoKorupsi.Com)

Tulisan ini dipublikasikan di Laporan Pilkada dan tag , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Tersangka Korupsi Menang, Pemilukada Dinilai Mubazir

  1. avin berkata:

    MK dan KPUD bven digoel bertanggungjawab mk tahu betul tentang aturan kok calon bupati yang sdh nyata2 tersangka msih bisa diikutkan dlm proses pemilihan bupati.ini yang dinamakan birokrasi k,,ini tindakan yang akan membuka ruang bagi setiap calon bupati lain ketika mendapat kasus seenaknya akan lakukan ini kembali knp karna aturan itu tdk ditegakan betul2 MK justru itu jelas2 menunjukan bahwa bangsa ini membuat aturan sendiri tapi melanggar lagi aturan itu,konsekwenlah dengan aturan kita tdk bisa salahkan calon bupati tapi yang harus kita salah yaitu MK dan KPUD boven digoel.kami bingung apakah KPUD boven tu mengerti aturan nggak,,di situ sdh jelas dr aturan pp no 6 peralihan ke pp 17 2005 tentang syarat aturan pilkada diantaranya ayat 1 huruf j tidak ad utang atau melakukan kerugian bagi negara,nyata2 abang yuzak sdh melakukan itu knp MK tdk menahan minat calon bupati tersebut utk tdk ikut memilih,ad apa ni…….ad pelicin lagi ni..MK dan KPUD berikan argumen yg jelas kepada masyarakat yang sejelas2nya,,ini nyata2 proses,pembiaran,,,dn.ini..keteledoran..makamah.konstitusi dan KPUD boven digoel…aktifitas yang seperti ini mengambat pemerintahan di boven digoel..majulah boven digoel,,kritisi yang benar Tuhan akan membuka jalan untuk perubahan…

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s