Membangun Boven Digoel Dalam Kebersamaan Menuju Masyarakat Yang ”Maju, Mandiri, Damai & Sejahterah”

Visi ini merupakan suatu refleksi dari momentum gerakan pembangunan yang akan dilaksanakan secara terarah, terpadu dan berkesinambungan untuk menyelesaikan segala permasalahan pembangunan yang dihadapi hingga saat ini, serta dalam rangka memacu berbagai kemajuan berdasarkan kondisi obyektif dengan upaya optimal yang akan dicapai dalam 5 (lima) tahun kedepan. Sebagaimana dituangkan dalam pernyataan visi pembangunan dijelaskan sebagai berikut :

1. Masyarakat Yang Maju ; dimaksudkan bahwa dalam konteks lima tahun kedepan maupun dalam jangka panjang diharapkan masyarakat memiliki taraf kemakmuran yang tinggi melalui peningkatan taraf hidup masyarakat yang diaktualisakan melalui indikator kemakmuran yang diharapkan oleh pencapaian pendapatan perkapita masyarakat, pemenuhan kebutuhan perumahan, aliran listrik, fasilitas untuk memperoleh air bersih, menikmati infrastruktur umum, permodalan dengan tingkat pendapatan yang cukup untuk membiayai gizi dan taraf kesehatan dan lain –lain berdasarkan kapasitas sumber daya yang dimiliknya.

2. Masyarakat Yang Mandiri ; suatu kondisi masyarakat yang memiliki kapasitas dan aksesibilitas untuk berkembang berdasarkan potensi, kreatifitas serta inovasi masyarakat dan pemerintahnya yang sangat maju. Pemerintah Kabupaten Boven Digoel dapat bekerjasama dengan stakeholder lainnya dalam posisi kemitraan yang sejajar, saling menghubungkan dan berwawasan lingkungan.

3. Masyarakat Yang Damai ; suatu kondisi dan situasi yang aman, tertib dan tentram yang dapat memungkinkan Pemerintah dan masyarakat akan dapat melaksanakan pembangunan dengan baik. Dengan pendekatan yang bersifat persuasiv dan harmonis sehingga dapat mendukung kreatifitas, inovasi dan mendorong etos kerja lebih tinggi, menghindari perasaan takut dan tertekan. Masyarakat dan Pemerintah diharapkan menjunjung tinggi martabat dan hak asasi manusia dalam menciptakan rasa aman secara sosial dan politik. Disamping itu harus adanya pengakuan dan penghormatan terhadap adat istiadat dan hak – hak dasar masyarakat.

4. Masyarakat Yang Sejahtera; suatu pencapaian standar hidup minimal melalui upaya- upaya pengembangan kemandirian, kemajuan dan kedamaian, maka lima tahun kedepan diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan yang lebih baik dan signifikan dibandingkan dengan kondisi masyarakat saat ini. Dalam lima tahun kedepan diharapkan tercipta suatu kondisi masyarakat yang dapat memperoleh dan menikmati kebutuhan dan pelayanan dasar dengan lebih baik, memiliki akses pendidikan, kesehatan, transportasi, pemukiman, air bersih, penerangan serta komunikasi dan informasi yang lebih merata ke seluruh wilayah Kabupaten Boven Digoel.***

Pos ini dipublikasikan di Visi SOMBA dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s