KPUD Boven Digoel, Dinilai Memihak Calon Bupati Tertentu

JUBI — Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Boven Digoel, Papua dinilai tidak bekerja sesuai aturan dan telah memihak calon tertentu dalam proses Pemilukada di daerah tersebut.

Penegasan ini disampaikan oleh Partai Koalisi Nusantara pengusung pasangan calon bupati Drs. Xaverius T. Sengmen dan Eksan Heremba, Kabupaten Boven Digul periode 2010-2015.

“Dalam pelaksanaan perekrutan Pencalonan Bupati dan Calon Wakil Bupati, sudah tidak  berjalan sesuai tahapan proses Pemilukada,” kata perwakilan Partai Koalisi Nusantara, Bernadus Tuwok di Jayapura, Minggu (29/8)

Bernardus, yang juga Ketua Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Kabupaten Boven Digoel, menjelaskan ada indikasi Nepotisme, Kolusi dan Korupsi, dimana telah mengutamakan kekuatan kekeluargaan dan penyuapan dana.

“Disamping itu, KPUD di wilayah Selatan Papua ini, telah  meloloskan mantan Bupati definitif dalam bursa Pemilukada saat ini yang masih jalani proses hukum,” kesalnya.

Tindakan ini, kata dia, jelas-jelas memihak pada salah satu figur calon Bupati tertentu yakni Yuzak Yaluwo dimana sangat fatal dan akan mengakibatkan konflik Horisontal di Kabupaten Boven Digoel.

Yusak Yaluwo sendiri saat ini menjalani proses pemeriksaan dan persidangan oleh Pengadilan Tindak Pindana Korupsi (TIPIKOR) di Jakarta, atas bukti penyalahgunaan kewenangan menggunakan dana APBD dan Otonomi Khusus Kabupaten Boven Digoel Tahun 2006-2007 sebesar Rp.66,7 Miliar.

Terkait  persoalan tersebut, Partai Koalisi Nusantara meminta agar KPU Propinsi Papua segera menggantikan ketua dan anggota KPUD Kabupaten Boven Digoel 2009 – 2014 secepatnya.

“KPU Pusat dan KPU Provinsi Papua harus menghilangkan calon tersebut, walau surat suaranya sudah di cetak,” tandasnya.  (Sumber : Tabloid Jubi Online)

Pos ini dipublikasikan di Laporan Pilkada dan tag , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s