Hasil Pleno 1 Distrik dan Rekap Sementara 2 Distrik, SOMBA Unggul

Pilkada Boven Digoel 31 Agustus 2010 berlangsung dengan aman, sekalipun banyak kecurangan yang dijumpai di hampir setiap TPS. Dari 215 TPS yang ada di seluruh kabupaten, Pasangan SOMBA menempati posisi teratas. Karena Pasangan SOMBA menempati posisi teratas, maka para musuh rakyat mulai bermain, berusaha mengintervensi Panitia Pemilihan Distrik (PPD) dan membatasi akses para saksi, terutama para saksi dari Pasangan SOMBA, agar tidak boleh menyaksikan proses perhitungan perolehan suara di PPD.

Sebagaimana diketahui publik, kecurangan saat Pelaksanaan Pilkada 31 Agustus kemarin merupakan kelanjutan dari berbagai kecurangan dan manipulasi sebelumnya oleh KPUD Boven Digoel yang telah menuai protes dari rakyat setempat dalam bentuk aksi massa ke yang menuntut penundaan Pilkada dan Pencopotan Ketua KPUD Boven Digoel karena yang bersangkutan secara terang-terangan menyangkal posisi netral KPUD dan memakai lembaga tersebut memihak calon tertentu.

Data-data berbagai aksi curang yang dilakukan secara rahasia maupun terang-terangan, oleh masyarakat biasa dan Tim Sukses yang dibayar maupun oleh Polisi yang pro Calon tertentu, saat ini sedang dikumpulkan dan akan disebarluaskan dalam waktu dekat untuk diketahui oleh publik dan kepentingan proses hukum.

Seorang Polisi yang seharusnya menjadi pengayom dan tidak memihak calon tertentu sempat tertangkap kamera TIM SOMBA ketika Sang Penegak Hukum yang seharusnya bersikap netral ini sedang melakukan pencoblosan di TPS 04 Kampung Persatuan, Distrik Mandobo.

Di TPS dimana Polisi melakukan pencoblosan, Pasangan Nomor Urut 1 (Yusak Yaluwo – Yesaya Merasi) memperoleh 128 Suara, Pasangan Nomor Urut 2 (XT Songmen – Eksan Heremba) memperoleh  42 Suara, Pasangan Nomor Urut 3 (Simon Siwoya – Paulinus Wanggimop) memperoleh  14 Suara dan Pasangan Nomor Urut 4 (Marselino Yomkondo – Edward Haurissa) memperoleh 17 Suara.

Berbagai pihak memprediksi, kecurangan dan manipulasi dalam Pilkada Boven Digoel kali ini, apabila diangkat ke permukaan maka akan sangat memprihatinkan karena merupakan  kecurangan terbesar dan memalukan sepanjang sejarah kabupaten ini, dimana hampir semua point kecurangan dan manipulasi pasti melibatkan KPUD dan Kepolisian, dua institusi yang seharusnya bersikap netral, dan dilakukan secara terang-terangan di depan mata masyarakat.

Sampai dengan informasi ini ditulis, baru satu PPD, yaitu PPD Distrik Mandobo yang melakukan Pleno Penetapan Hasil Perolehan Suara. Dari 19 TPS yang tersebar di seluruh Distrik tersebut, Pasangan Nomor Urut 1 (Yusak Yaluwo – Yesaya Merasi) memperoleh 1.890 Suara, Pasangan Nomor Urut 2 (XT Songmen – Eksan Heremba) memperoleh 2.034 Suara, Pasangan Nomor Urut 3 (Simon Siwoya – Paulinus Wanggimop) memperoleh 814 Suara dan Pasangan Nomor Urut 4 (Marselino Yomkondo – Edward Haurissa) memperoleh 391 Suara.

Dari Mindiptana, diperoleh informasi bahwa hasil rekap sementara dari Distrik Mindiptana, Pasangan Nomor Urut 1 (Yusak Yaluwo – Yesaya Merasi) memperoleh 450 Suara, Pasangan Nomor Urut 2 (XT Songmen – Eksan Heremba) memperoleh 727 Suara, Pasangan Nomor Urut 3 (Simon Siwoya – Paulinus Wanggimop) memperoleh 269 Suara dan Pasangan Nomor Urut 4 (Marselino Yomkondo – Edward Haurissa) memperoleh 198 Suara.

Tim SOMBA juga berhasil mencatat hasil rekap sementara di Distrik Jair, tercatat Pasangan Nomor Urut 1 (Yusak Yaluwo – Yesaya Merasi) memperoleh 8.208 Suara, Pasangan Nomor Urut 2 (XT Songmen – Eksan Heremba) memperoleh 9.227 Suara, Pasangan Nomor Urut 3 (Simon Siwoya – Paulinus Wanggimop) memperoleh 3.916 Suara dan Pasangan Nomor Urut 4 (Marselino Yomkondo – Edward Haurissa) memperoleh 1.416 Suara.

Dari hasil Pleno PPD satu distrik dan rekap sementara di distrik Jair dan Mindiptana, maka dapat kita peroleh hasil perolehan suara sementara, Pasangan Nomor Urut 1 (Yusak Yaluwo – Yesaya Merasi) memperoleh 10.548 Suara, Pasangan Nomor Urut 2 (XT Songmen – Eksan Heremba) memperoleh 11.988 Suara, Pasangan Nomor Urut 3 (Simon Siwoya – Paulinus Wanggimop) memperoleh 4.999 Suara dan Pasangan Nomor Urut 4 (Marselino Yomkondo – Edward Haurissa) memperoleh 2.005 Suara.***

Pos ini dipublikasikan di Laporan Pilkada dan tag , , , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s