Di Pemilukada Bodi, Banyak Terjadi Pelanggaran

JUBI — Meski Pemilukada di Kabupaten Boven Digoel (Bodi) telah sukses terlaksana, warga menyayangkan banyaknya pelanggaran sebelum maupun selama pelaksanaan pesta demokrasi lima tahunan itu.

“Banyak pelanggaran yang dilakukan oknum tertentu demi kepentingan politik. Selain pembagian sembako dan money politic, oknum polisi disebar ke sejumlah TPS untuk mencoblos kandidat tertentu,” ujar tokoh Pemuda Distrik Mandobo, Ronald Katuk, Senin (6/9).

“Di Mandobo, sembako dibagi-bagikan kepada masyarakat pada hari pencoblosan (31/8),” sebutnya. Dengan menggandeng seorang pengusaha, pembagiannya dimulai sehari menjelang hari pencoblosan dan berakhir Kamis (2/9). “Sembako dibagikan sambil mengajak masyarakat memilih pasangan calon incumbent.”

Sebelum pemungutan suara diduga ada kejanggalan dalam pendistribusian kartu pemilih. Banyak warga tidak mendapat kartu pemilih, meski namanya terdaftar di DPT. Tak sedikit kartu pemilih dicoblos PPS.

Sejauh pantauan tim independen, lanjut Ronald, seorang polisi berinisial SR ikut mencoblos di TPS 04 Kampung Persatuan Distrik Mandobo. Aksi polisi tersebut tak luput dari kamera Ronald. “Kami sudah rekam, videonya ada,” katanya.

Pelanggaran lain, KPU Bodi berani “bermain” dengan mengumumkan hasil perolehan suara dari keempat calon kandidat. “Padahal sampai tadi malam, baru 4 distrik saja yang sudah serahkan hasil rekapan tingkat PPD. Anehnya, KPU langsung publikasikan melalui media massa bahwa kandidat nomor urut 1 unggul. Itu data rekayasa. Itu pembohongan publik,” tutur Ronald.

Sebelumnya, Calon Bupati Boven Digoel, Xaverius T Songmen minta proses penghitungan suara di TPS, KPPS dan PPD harus dilakukan jujur dan transparan. “Penghitungannya terbuka dan jangan ada intervensi pihak tertentu. KPU harus terapkan aturan dan etika penyelenggaraan Pemilukada,” tegasnya.

Hasil perolehan suara dari KPPS ke PPD, menurut dia, murni. Kepada masyarakat harus diumumkan tanpa ada perubahan sedikitpun. Begitu pula dari PPD ke KPU, karenanya tak boleh ada intervensi dari manapun. (Sumber : Tabloid Jubi Online)

Pos ini dipublikasikan di Laporan Pilkada dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s