Pleno KPU Boven Digoel Dibatalkan

JUBI — Pleno penetapan bupati terpilih Kabupaten Boven Digoel Periode 2010-2015 oleh Komisi Pemilihan Umum di wilayah itu, Rabu (8/9), akhirnya dibatalkan setelah tiga pasangan calon bupati menolak tegas ketetapan KPU setempat.

Makarius Taman, ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia di Boven Digoel mengatakan, pembatalan tersebut dilakukan karena putusan KPU dinilai tidak sah dan mengandung manipulasi.

“Pleno itu dianggap tidak sah, karena pemilu kemarin diduga mengandung banyak manipulasi termasuk ada penggelembungan suara,” kata Taman, Rabu.

Pemilukada di Boven Digoel digelar 31 Agustus kemarin. Diikuti empat pasangan calon yakni nomor urut 1, Yusak Yaluwo-Yesaya Merasi, nomor urut 2 Drs Xaverius T. Songmen-Eksan Heremba, nomor urut 3, Simon Siwoya-Paulus Wanggimop dan nomor urut 4, Marselino Yamkondo-Eduard C. Haurissa.

KPU Boven Digoel sendiri sempat melakukan penundaan selama 2 bulan terkait keluarnya SK MRP nomor 14 tahun 2009. Dengan penundaan itu, membuat pencoplosan putaran pertama mundur dari semula di bulan Juli menjadi 31 Agustus.

“Kita inginkan ada pemilihan ulang karena pemilu kemarin telah dicemari politik uang dan tidak jujur,” kata Makarius Taman.

Pleno KPU Boven Digoel selanjutnya ditunda hingga batas waktu yang tak ditentukan. “Setelah nanti ada putusan dari Mahkamah Konstitusi atas Pemilukada Boven Digoel baru nanti mungkin aka nada pleno penetapan,” tandasnya. (Sumber : Tabloid Jubi Online)

Pos ini dipublikasikan di Laporan Pilkada dan tag , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s