SOMBA Cabut Gugatan di MK

Pasangan calon bupati Kabupaten Boven Digoel, Provinsi Papua Xaverius Songmen-Eksan Heremba (SOMBA), Kamis (23/09) lalu  memutuskan mencabut gugatan sengketa Pilkada yang diajukannya ke Mahkamah Konstitusi (MK) dengan alasan demi kepentingan hukum, ekonomi, dan politik.

Menurut  Xaverius Songmen,  yang dimaksudkan dengan pertimbangan hukum adalah karena proses sidang tersebut dinilai  akan membuang-buang tenaga walaupun selama proses Pilkada  di Boven Digoel KPU Boven Digoel  telah bertindak tidak adil dengan mendukung salah satu calon, yakni pasangan  Yusak Yaluwo dan Yesaya Merasi.

Adapun alasan pertimbangan ekonomi yang dimaksudkan Xaverius adalah menyangkut biaya yang harus dikeluarkan untuk mengurus perkara ini di Jakarta. Xaverius mengatakan, jika gugatan ke MK ini diteruskan maka akan diperlukan banyak biaya untuk mendatangkan para saksi dan pihak terkait ke Jakarta.

Sementara untuk alasan pertimbangan Politik  yang dimaksudkan Xaverius adalah karena wilayah Boven Digoel merupakan wilayah terluar yang berbatasan langsung dengan negara Papua Nugini. Karena itu, tambahnya keamanan wilayah perbatasan ini lebih penting untuk tetap dijaga.

MK selanjutnya menetapkan : (1) Mengabulkan penarikan kembali permohonan Pemohon; (2) Menyatakan permohonan Perkara Nomor 172/PHPU.D-VIII/2010 perihal Permohonan Perselisihan tentang Hasil Pemilihan Umum Kepala Daerah dan  Wakil Kepala Daerah Kabupaten Boven Digoel Tahun 2010 ditarik kembali; (3)  Menyatakan Pemohon tidak dapat mengajukan kembali Permohonan  Perselisihan tentang Hasil Pemilihan Umum Kepala Daerah dan Wakil Kepala  Daerah Kabupaten Boven Digoel Tahun 2010; (4)  Memerintahkan kepada Panitera untuk mencatat penarikan kembali Perkara  Nomor 172/PHPU.D-VIII/2010 a quo dalam Buku Registrasi Perkara Konstitusi.***

Pos ini dipublikasikan di Laporan Pilkada dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s