KPUD Boven Digoel Sembunyikan Surat Non Aktif Yusak

JUBI—Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Boven Digoel  dinilai telah melakukan suatu kejahatan menyalahi prosedur administrasi dengan menyembunyikan Surat Keputusan (SK) Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 131.91/497/2010, yang isinya menonaktifkan Yusak Yaluwo sebagai Bupati Boven Digoel saat itu.

Surat tersebut dikirim kepada KPU Kabupaten Boven Digoel, namun, sengaja disembunyikan karena bersamaan dengan proses pentahapan Pemilukada. “Oleh karena ada kekhawatiran Yusak tidak diakomodir,” ujar Tokoh Pemuda Boven Digoel, Nathalis B. Kaket, saat memberikan keterangan pers kepada sejumlah wartawan di Merauke, Rabu (10/11).

“SK yang dikirim Mendagri, berkaitan dengan kasus korupsi yang sedang ditangani oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), setelah uang negara ‘dicicipi’ Yusak Yaluwo yang mencapai miliaran rupiah, maka Wakil Bupatinya, Marselino Yamkondo, memegang kendali pemerintahan,” katanya.

Ia mengakui jika SK disembunyikan dan tidak diketahui oleh siapapun. “Memang isu yang berkembang jika ada SK Mendagri, namun kita juga belum terlalu percaya. Pasalnya, belum dilihat secara langsung,” ungkapnya.

SK Mendagri tersebut, kata dia, baru terbongkar beberapa waktu lalu sehingga diketahui jika KPU menyembunyikan. “Kami sudah melaporkan dan menyerahkan bukti SK kepada KPU Pusat dan meminta agar Yusak tidak diakomodir meskipun telah dilakukan pleno penetapan beberapa waku lalu,” ucapnya menjelaskan.

Dengan demikian, suara terbanyak berikut atas nama Xaverius Songmen-Eksan Heremba, secara otomatis harus dilantik guna menahkodai Boven Digoel lima tahun mendatang,” pintanya. (Sumber : TabloidJubi.Com)

Pos ini dipublikasikan di Laporan Pilkada dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s