5 Saksi Memberikan Keterangan Terkait Sengketa Pemilukada Bodi 2010

Sidang Sengketa Pemilukada Boven Digoel tahun 2010 yang digelar hari ini, Senin (2/5) di PTUN Jayapura menghadirkan 5 saksi, masing-masing Antonius Kamenong (Staf KPUD Boven Digoel), Sergius Karwam (Buruh Kelapa Sawit Korindo), John Kelanit (Penasehat Tim Sukses SOMBA), Antonius Uweng Kandam (Sekwan DPRD Boven Digoel) dan Karolus Ninggan (Ketua Tim Sukses SOMBA Distrik Mandobo).

Para saksi membeberkan sejumlah pelanggaran yang dilakukan oleh Ketua KPUD Boven Digoel, Kristianus Guam, S.Sos, ketika dia, yang seharusnya netral, secara terang-terangan memihak Pasangan Yusak Yaluwo – Yesaya Merasi (menjadi Tim Sukses dan pernah berkampanye untuk kemenangan Yusak Yaluwo – Yesaya Merasi di Kamp 19 Asiki pada tanggal 13 Agustus 2010).

Kejahatan Administrasi yang dilakukan oleh Ketua DPRD Boven Digoel, Marselus Kimbinaka (dengan tidak melakukan Sidang Paripurna DPRD untuk menetapkan pasangan pemenang untuk diusulkan ke Gubernur agar Gubernur merekomendasikan pemenang ke Mendagri agar diproses SK) juga tidak luput dari kesaksian para saksi.

Drs. XT Songmen, MM dan Eksan Heremba sebagai penggugat, hadir bersama dua orang pengacara dari LBH AMDI, sementara Tergugat I (Kristianus Guam), Tergugat II Intervensi (Yesaya Merasi), Tergugat III (Gubernur Papua) dan Tergugat IV (Mendagri) masing diwakili oleh Kuasa Hukum mereka.

Tergugat II (Marselus Kimbinaka) hadir. Ruangan sidang dipenuhi oleh Mahasiswa dan Masyarakat Boven Digoel yang berdomisili di Jayapura. Mereka secara pro-aktif memberikan apresiasi kepada Pasangan SOMBA. Sidang akan dilanjutkan Senin (9/5) untuk melengkapi sejumlah bukti tambahan terkait administrasi. Dohoni – Nanggup – Ninem!

Pos ini dipublikasikan di Laporan Pilkada. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s