Tentang Blog

Blog SOMBA dibuat dengan tujuan utama mendukung Drs. Xaverius T. Songmen, MM dan Bapak Eksan Heremba, dikenal dengan Pasangan SOMBA, sebagai Calon Bupati dan Wakil Bupati Boven Digoel Periode 2010-2015. Blog ini berisi Visi & Misi, Biaodata Cabup/Cawabup, Penjabaran Program Kerja, Klarifikasi atas berbagai pembusukan terhadap Pasangan SOMBA,  Tanggapan atau Interaksi atas berbagai tanggapan dan usulan yang dikirim via e-mail dan facebook. Ada juga  beberapa catatan lain berupa Tweets via Twitter.Com dan Kron via Kronologger.Com.

Tujuan lain dari kehadiran Blog ini adalah agar publik di Boven Digoel, Papua, Indonesia, dan juga Komunitas Internasional yang peduli terhadap Boven Digoel bisa ikut ambil bagian secara aktif maupun pasif, langsung atau tidak langsung dalam proses demokrasi atau Pilkada Boven Digoel Tahun 2010 yang akan dilaksanakan pada tanggal 31 Agustus 2010. Tanggal ini merupakan tanggal yang unik dan mempunyai makna tersendiri bagi Pasangan SOMBA karena momen pesta demokrasi tersebut bertepatan dengan Ulang Tahun Drs. Xaverius T. Songmen, MM yang ke-54. Beliau lahir di Warumgi, kini Kampung Upkim, Distrik Waropko tanggal 31 Agustus 1956.

Kehadiran Blog SOMBA juga diharapkan dapat menjadi alat kontrol publik terhadap proses politik terkait Pilkada di Boven Digoel, agar segala pembodohan massal, penyesatan massal dan pembelajaran politik yang anti-rakyat, anti-demokrasi dan anti perubahan dapat diketahui oleh publik.

Sudah menjadi rahasia umum, bahwa lembaga yang paling bertanggungjawab yaitu Komisi Pemilihan Umum (KPU) Boven Digoel tidak netral. Ia berpihak kepada salah satu Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati dan keberpihakannya telah nyata di mata rakyat. KPU Boven Digoel-lah yang mengalahkan Drs. XT Songmen, MM dalam Pilkada Boven Digoel 2005, sekalipun rakyat berhasil memenangkan beliau. Kehadiran Blog SOMBA, untuk kasus ini, tidak lebih sebagai alat kontrol saja.

Perlu dicatat bahwa Blog SOMBA tidak dibuat atas permintaan Pasangan SOMBA. Blog ini dibangun atas inisiatif beberapa Mahasiswa Boven Digoel di Merauke, akan tetapi kontennya diusahakan tidak menyimpang dari materi-materi yang disediakan oleh Tim SOMBA. Oleh karena itu, konten Blog ini sepenuhnya menjadi tanggungjawab pembuat dan tidak menjadi tanggungjawab Pasangan SOMBA.

Akhirnya, SOMBA Tetap Jaya!